Soal Latihan Biokimia: Enzim

Untuk memperdalam pengetahuan tentang materi kuliah yang disajikan seringkali pembahasan tentang soal-soal atau masalah-masalah yang menyangkut materi tersebut sangat membantu. Untuk itu berikut ini akan disajikan beberapa contoh soal biokimia dengan topik enzim. Diharapkan dengan contoh-contoh soal ini mahasiswa akan lebih terarah mempelajari materi biokimia sebagaimana yang diharapkan. Semoga bermanfaat…………..

  1. Jelaskan definisi enzim dan apa fungsi enzim dalam sistem biologis?
  2. Jelaskan prinsip kerja enzim sebagai katalisator. Apakah kerja enzim mempengaruhi energi bebas reaksi (ΔG)
  3. Apa yang dimaksud dengan spesifisitas enzim? Jelaskan
  4. Apa yang dimaksud dengan kofaktor enzim? Apa fungsinya pada mekanisme kerja enzim?
  5. Menurut sifatnya, kofaktor dapat dibedakan menjadi 3 kelompok. Jelaskan dan sebutkan contohnya masing-masing 5, sebutkan pada enzim apa masing-masing kofaktor ini bekeja.
  6. Mengapa defisiensi kofaktor enzim dapat mengakibatkan gangguan kesehatan yang serius? Beri contoh 3 gangguan kesehatan yang disebabkan oleh defisiensi kofaktor enzim.
  7. Faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi kecepatan reaksi enzimatis? Jelaskan masing-masing.
  8. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kerja enzim adalah adanya inhibitor. Berdasarkan cara kerjanya ada 3 macam inhibitor, yaitu inhibitor kompetitif, nonkompetitif dan unkompetitif. Jelaskan perbedaan karakter ketiga jenis inhibitor ini.
  9. Tuliskan dan jelaskan persamaan Michaelis-Menten. Tuliskan plot antara V dan S sesuai dengan persamaan ini.
  10. Apa pula yang dimaksud dengan persamaan Lineweaver-Burk? Tuliskan persamaan dan gambarkan kurvanya, dan jelaskan apa maknanya.
  11. Ada beberapa mekanisme dalam regulasi aktivitas enzim dalam sistem biologi, antara lain melalui regulasi sintesis dan degradasi enzim serta melalui peningkatan efisiensi katalitik molekul enzim (modifikasi kovalen, alosterik dan lain sebagainya). Jelaskan serta berikan contoh enzim untuk masing-masing mekanisme regulasi.
  12. Jelaskan penggolongan enzim menurut IUBMB dan jelaskan pula tata cara pemberian nama (nomenklatur) enzim menurut IUBMB.
  13. Enzim ada yang bekerja intra selular, ada pula yang ekstra selular. Jelaskan apa maksudnya, dan berikan masing-masing 5 buah contoh.
  14. Anda adalah seorang peneliti yang sedang mempelajari karakteristik satu enzim yang baru ditemukan. Untuk itu Anda mengukur kecepatan reaksi  enzimatis pada kadar substrat yang berbeda. Data yang diperoleh sebagai berikut:

[substrat]               Kecepatan awal reaksi

(mM)                           (mmol/min)

———————————————————–

3,0                            10,4

5,0                            14,5

10,0                            22,5

30,0                            33,8

90,0                            40,5

  • Buat kurva yang menunjukkan hubungan antara konsentrasi substrat dengan kecepatan reaksi, lalu tentukan nilai KM
  • Hitung Perlihatkan semua persamaan dan perhitungan yang Anda gunakan.
  • Apakah enzim baru ini merupakan enzim alosterik? Jelaskan jawaban Anda.
  • Anda kemudian melakukan eksperimen kedua terhadap enzim ini menggunakan konsentrasi enzim yang lebih rendah, yaitu sepertiganya. Buat kurvanya kembali, dan tentukan nilai Km dan Vmax dari kurva yang kedua ini.

 

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*